Minggu, 07 November 2010

Mengkonfigurasi TCP / IP dari Command Prompt

Untuk mengkonfigurasi pengaturan TCP / IP seperti alamat IP, Subnet Mask, Default Gateway, DNS dan alamat WINS dan pilihan lain yang bisa anda gunakan Netsh.exe.

Netsh.exe adalah command-line scripting utilitas yang memungkinkan Anda untuk, baik secara lokal maupun remote, menampilkan atau memodifikasi konfigurasi jaringan dari sebuah komputer yang sedang berjalan.Netsh.exe juga menyediakan fitur scripting yang memungkinkan Anda untuk menjalankan sekelompok perintah dalam mode batch terhadap komputer tertentu. Netsh.exe juga dapat menyimpan naskah konfigurasi dalam sebuah file teks untuk keperluan arsip atau untuk membantu Anda mengkonfigurasi server lain.
Netsh.exe tersedia pada Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003.
Anda dapat menggunakan alat Netsh.exe untuk melakukan tugas-tugas berikut:
  • Mengkonfigurasi antarmuka
  • Konfigurasi routing protocol
  • Mengkonfigurasi penyaring
  • Mengkonfigurasi rute
  • Mengkonfigurasi perilaku akses remote untuk Windows berbasis akses remote router yang menjalankan Routing dan Remote Access Server (RRAS) Service
  • Menampilkan konfigurasi router sedang berjalan pada komputer manapun
  • Gunakan fitur scripting untuk menjalankan sekumpulan perintah dalam mode batch terhadap router tertentu.

Dengan Netsh.exe Anda dapat dengan mudah dapat melihat pengaturan TCP / IP. Type the following command in a Command Prompt window (CMD.EXE): Ketikkan perintah berikut di jendela Command Prompt (Cmd.exe):

netsh interface ip show config netsh interface ip show config
Dengan Netsh.exe, Anda dapat dengan mudah mengkonfigurasi alamat IP komputer Anda dan TCP / IP pengaturan yang terkait lainnya. Sebagai contoh:
Perintah berikut mengkonfigurasi antarmuka bernama Local Area Connection dengan alamat IP, statis 192.168.0.100 subnet mask 255.255.255.0 dan default gateway 192.168.0.1: 

netsh interface ip set address "Local Area Connection" static 192.168.0.100 255.255.255.0 192.168.0.1 1

Netsh.exe bisa juga berguna dalam skenario tertentu seperti ketika Anda memiliki komputer portabel yang perlu direlokasi antara 2 atau lebih lokasi kantor, sementara tetap mempertahankan alamat IP konfigurasi yang spesifik dan statis. With Netsh.exe, you can easily save and restore the appropriate network configuration. Dengan Netsh.exe, Anda dapat dengan mudah menyimpan dan mengembalikan konfigurasi jaringan yang sesuai. 

Note : Local Area Connection merupakan nama dari LAN yang ada pada komputer , misalkan jika nama dari LAN komputer temen² Local Area Connection2 , maka tuliskan seperti ini  " netsh interface ip set address "Local Area Connection2" static 192.168.0.100 255.255.255.0 192.168.0.1 1 "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar