Rabu, 21 Juli 2010

Prototyping Tools

1. Draw/Paint Program, contoh: Photoshop, Coreldraw
  • Menggambar setiap layar, baik untuk dilihat.
  • Prototype horisontal, tipis.
  • Adobe Photoshop.
    • Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak editor gambar buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan .Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS, versi sembilan disebut Photoshop CS2 versi kesepuluh Adobe Photoshop CS3 (Creative Suite) dan terakhir versi terbau yakni Adobe Photoshop CS4.
Photoshop mengkhususkan dirinya sebagai perangkat lunak untuk mengedit gambar dalam format BITMAP. Oleh karena itu Photoshop seringkali digunakan oleh para fotografer karena foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP.





    • Coreldraw
 Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
Versi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya. (http://id.wikipedia.org/wiki/CorelDRAW)




2. Scripted Simulations/Slide Show, contoh: Powerpoint, Hypercard, Macromedia Director, HTML.
  • Letakkan tampilan seperti storyboard dengan (animasi) perubahan diantaranya.
  • Dapat memberikan user catatan yang sangat spesifik.
  • Macromedia Director.
    • Powerpoint

Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).
PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).
PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:
  • *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12. (http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_PowerPoint)

    •  Macromedia Director

Macromedia Director adalah perangkat yang dibuat oleh Macromedia dan sekarang merupakan bagian dari Adobe Systems. yang memperbolehkan pengguna untuk membangun perangkat lunak dalam film metaphor, yang digunakan pengguna untuk menjadi sutradara sebuah film.










3. Interface Builders, contoh: Visual Basic, Delphi, UIMX.
  • Tools untuk menampilkan jendela, kendali, dan lain-lain dari interface.
    • Visual basic 
 
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM).
Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi eksternal tambahan.

Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.  

    •  Delphi
Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh Borland (sebelumnya dikenal sebagai Inprise). Bahasa Delphi, yang sebelumnya dikenal sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft .NET framework (lihat di bawah). Dengan menggunakan Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang berjalan di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE


* Design tools for prototyping

  • OmniGraffel Pro
OmniGraffle paling cocok sebagai alat untuk wireframes arus layar,, dan peta konten. Hal ini juga dapat digunakan sebagai alat prototyping, dengan kemampuan untuk menghubungkan kanvas (halaman). Hal ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan sebuah prototipe HTML yang lengkap dalam satu operasi dari OmniGraffle. Anda dapat, melalui penggunaan catatan fungsi, mudah membubuhi keterangan dan melengkapi dokumentasi spesifikasi untuk obyek prototipe Anda sebagai Anda pergi.
OmniGraffle menyediakan serangkaian luas impor Visio dan fungsi ekspor, yang memungkinkan tim untuk kompatibilitas lintas platform. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengimpor struktur dasar konten Anda dari CSV atau file XML melalui fungsi tata letak sepenuhnya dapat disesuaikan berdasarkan aturan, hal ini dapat sangat berguna untuk mendokumentasikan besar dan terus berubah peta konten.


  • Lucid SPEC
adalah berbasis windows-NET aplikasi. Yang hampir tiruan dari Axure. Ia memiliki serangkaian gambar layar cepat alat dan mode pengujian prototipe yang mereka sebut "simulasi aplikasi instan," yang dapat dilihat dalam modus layar penuh atau dalam aplikasi. Bahkan ada yang berdiri sendiri Lucid Spec Player yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengujian prototipe tanpa memerlukan aplikasi lengkap.

     Aspek yang Lucid Spec kekurangan adalah penyisihan bagi mereka antara negara, seperti interaksi Ajax. Interaksi disajikan sangat banyak berdasarkan aliran, layar tradisional halaman-demi-halaman.



  • ConceptDraw Pro
memiliki bahasa scripting sendiri nya, ConceptDraw Dasar. Mungkin dengan bahasa scripting untuk menghasilkan kompleks, prototip disesuaikan. Jika Anda ingin menghindari turun rute scripting kustom, Anda dapat menggunakan standar ekspor ke HTML atau PDF untuk prototyping.

Plugin WebWave arus proses desain, sehingga lebih mudah pengembangan situs dan struktur konten dengan pewarnaan mengejek dari media wireframes resolusi-bit seperti dalam kotak abu-abu. Anda kemudian dapat mengambil halaman mockup akhir dari ConceptDraw dan menghasilkan CSS dan halaman untuk prototipe.


  • HTML
Jika Anda memiliki keterampilan, Anda bisa mengembangkan prototip Anda dalam HTML. Hal ini sangat berguna jika Anda menghasilkan kode front-end yang akan konsisten dalam standar dengan situs web akhir pula. Melakukannya dengan cara ini akan menghemat waktu dan uang dengan mengurangi waktu produksi secara keseluruhan.

     Hari-hari ini-dengan menggunakan berbagai jQuery plugin-Anda bisa mewakili hampir semua negara bagian atau jenis antara antarmuka utama yang telah diusulkan dengan mudah.

     Fungsi ini juga tersedia melalui penggunaan Protonotes, Anda dapat memiliki tim Anda berkolaborasi pada prototipe Anda dengan meninggalkan dinamis, Post-virtual seperti catatan.

     Bahkan jika keahlian Anda jatuh pendek yang berorientasi secara teknis, Anda bisa menggunakan platform pembangunan seperti Adobe Dreamweaver dan ditingkatkan dengan sigap JavaScript komponen untuk menghasilkan sebuah representasi visual yang wajar.

     Aku akan mengakui saya sering melakukan ini, cepat menarik bersama prototipe HTML kerja dari dalam Dreamweaver dengan memperhatikan sedikit kode yang mendasari. Ingat, itu hanya prototipe dan hanya harus visual wakil dari produk akhir. Aku bergidik mengatakan ini, tetapi dalam kasus ini kode sekunder.





Fitur yang baik
  • Mudah dikembangkan dan memodifikasi layar.
  • Mendukung jenis interface yang dikembangkan.
  • Mendukung berbagai macam divasi Input/Output.
  • Mudah untuk memodifikasi dan menghubungkan layar.
  • Mengijinkan memanggil prosedur eksternal dan program.
  • Mengijinkan mengimpor teks, grafik, media lain.
  • Mudah untuk dipelajari dan digunakan.
  • Dukungan yang baik dari vendor.


Referensi :
http://fenni.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/11018/Prototyping.pdf
http://articles.sitepoint.com/article/tools-prototyping-wireframing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar