Minggu, 11 Juli 2010

Monitor

Monitor adalah suatu perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang dihasilkan oleh komputer, tanpa meninggalkan bekas permanen pada permukaannya. Terdapat berbagai macam teknologi untuk menampilkan gambar dari komputer, namun yang umum digunakan adalah LCD (liquid crystal display) dan, yang ditemukan di monitor lebih tua, CRT (cathode ray tube).
    • Monitor CRT
      • Monitor CRT memiliki jutaan titik kecil fosfor dengan warna merah, hijau dan biru yang memancarkan cahaya ketika bertabrakan dengan pancaran elektron yang bergerak di sepanjang layar untuk menghasilkan suatu gambar. Satu kumpulan tiga titik warna ini adalah satu piksel. Semakin dekat jarak antarpiksel, semakin jelas tampilan pada layar. 
      • CRT, yang memiliki bentuk menyerupai botol dari samping, memiliki ujung katode, berupa suatu filamen yang dipanaskan, yang mengandung arus negatif. Tiga pemancar elektron pada ujung tabung CRT menembakkan elektron dengan sudut-sudut yang sedikit berbeda pada layar, yang memiliki muatan positif sehingga dapat menarik elektron yang bermuatan negatif. Sinar elektron yang menumbuk fosfor yang melapisi bagian dalam CRT akan membuatnya memancarkan cahaya.
      • Dua elektromagnet di sekitar mulut tabung CRT membelokkan pancaran elektron. Pancaran memindai bagian atas layar dari kiri ke kanan, sebelum di-blank dan kembali bergerak ke sisi kiri, sedikit di bawah pemindaian sebelumnya, sebelum mulai memindai barisan kedua, dan seterusnya, hingga bagian bawah layar tercapai. Ketika ini selesai, pancaran elektron di-blank lagi, dan kembali ke kiri-atas layar untuk mengulang proses ini, yang menghasilkan tampilan penuh pada layar.
    • Monitor LCD
      • Pada dasarnya, monitor LCD bekerja dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna. Jika pada monitor CRT satu piksel terdiri dari tiga titik fosfor, maka pada monitor LCD satu piksel terdiri dari tiga sel kristal cair. Layar LCD memiliki banyak lapisan, terdiri dari: dua panel kaca yang terpolarisasi (substrate) yang memiliki lapisan kristal cair di tengahnya. Lapisan paling bawahnya adalah suatu sumber cahayafluores cent, atau backlight yang menghasilkan cahaya melaluisubstra te pertama. Pada saat bersamaan, arus listrik menyebabkan molekul kristal cair membentuk susunan tertentu untuk membiarkan tingkatan tertentu cahaya melalui substrate kedua, menghasilkan tampilan pada layar.

Perbedaan tampilan antara monitor LCD (kiri) dengan monitor CRT (kanan)



Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar