Rabu, 22 Desember 2010

Menampilkan menu pada form dengan klik kanan

Salah seorang teman saya bertanya "bagaimana cara menampilkan sebuah menu ketika klik kanan pada form ?? " .
VB.Net menyediakan banyak pilihan menu, salah satunya adalah Context MenuStrip dan menu inilah yang akan kita pakai pada program ini.

Karena kita memerlukan tool Context MenuStrip pada form , maka langkah pertama adalah memasukan tool ini pada project kita, lalu masukan menu dan sub menu yang akan di pakai.
Dan terakhir ketikan kode berikut pada form mousedown.


Private Sub Form1_MouseDown(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.MouseEventArgs) Handles Me.MouseDown

If e.Button = Windows.Forms.MouseButtons.Right Then
ContextMenuStrip1.Show(Cursor.Position, ToolStripDropDownDirection.AboveRight)
End If

End Sub



Kata yang warna biru artinya posisi menu akan mengikuti posisi dari mouse dan Kata yang saya warnai merah adalah posisi menu dari mouse, pada script di atas saya menampilkan menu di kanan atas posisi kursor.
Jika temen-temen tidak suka dengan posisi tersebut , temen-temen bisa ganti kode tersebut dengan ToolStripDropDownDirection.AboveLeft (kiri atas), atau ToolStripDropDownDirection.BottomRight (bawah kanan) , dll.

Sekian dulu artikel ini , mudah-mudahan bermanfaat. Selamat Berkreasi ..

1 komentar:

  1. Spinning titanium necklace | Tithi Technologies
    ‎For sale หาเงินออนไลน์ › products › spinning-tint-p- 2016 ford fusion energi titanium › products › spinning-tint-p- Sep 9, 2020 — iron titanium token Sep 9, 2020 Spinning titanium necklace for sale by Tithi Technologies. Spinning titanium necklace for sale by Tithi Technologies. price of titanium Spinning titanium white octane blueprint titanium necklace for sale by Tithi Technologies.

    BalasHapus