Minggu, 01 Agustus 2010

Knowledge User

Bagian-bagian Knowledge User antara lain :
  • User Modelling
model ini adalah pandangan perancang untuk userdan diimplisitkan dalam perancangan. Perancang memiliki pemikiran user ‘khusus’ dan membangun interfacenya. Jika perancang selesai  dengan pekerjaan  ini,  model menjadi sangat efektif. Tetapi perlu diasumsikan bahwa semua user adalah sama dan memiliki permintaan yang sama.
  • Domain and Task Modelling
Pendekatan yang umum dari masalah ini adalah mewakili tugas user berdasarkan urutan perintah yang tersedia untuk mengeksekusinya. Sebagaimana pada tugas user, perintah digunakan untuk membandingkan urutan tugas yang disimpan dan
mencocokkan dengan urutan tepat. Jika urutan perintah user tidak cocok maka dibutuhkan bantuan. Pendekatan ini digunakan pada system PRIAM. 

  • Modelling Advisory Strategy
Sistem ini kadang mencakup intelligent help yang membuat modelling advisory atau strategi tutorial. Dengan menyediakan system bantuan dengan tipe informasi ini memungkinkan tidak hanya memilik advis yang sesuai untuk user tetapi juga menggunakan metode pemberian advis.


Karakteristik User Knowlegde
  • Psikologi Diferensial
Dalam istilah yang sangat umum sejarah modern dari studi psikologis dari perbedaan individual mulai dengan sebuah upaya untuk mengidentifikasi faktor umum (seperti kecerdasan), yang memberikan cara untuk mencari beberapa faktor (atau kemampuan mental), yang pada gilirannya memudar dalam mendukung kontemporer upaya untuk mengurangi jumlah meledak beberapa teori-faktor untuk satu set lebih mudah dikelola kemampuan inti. (Pada abad kedelapan belas, konsep "fakultas" dikembangkan di psikologi, dan phrenology telah diantisipasi pencarian ini, tapi review ini akan terbatas pada era "psikologi ilmiah".)
  • Perbedaan Fisik
Umur , Visi keterbatasan, seperti buta warna, keterbatasan fisik lainnya yang mungkin membatasi gerakan 


  • Perbedaan BudayaBahasa (berapa banyak bahasa harus didukung) 
  1. Pendidikan (tingkat membaca) 
  2. Profesi (kosakata khusus)
  3. Sikap terhadap sistem komputer (misalnya technophobia antara pengguna lansia)
  4. gaya Perusahaan: apa yang Anda coba sampaikan kepada siapa?
  • Banyak perbedaan ada di antara kepribadian individu '
  • Ekstroversi / introversi
  • Konvergen / divergen berpikir
  • Merasa / Berpikir perbedaan Kepribadian akan mempengaruhi cara orang berinteraksi dengan sistem
  • preferensi untuk gaya interaksi
  • grafis atau tabular representasi
  • motivasi terhadap tugas.


User Physchology Characteristic:
Cognitive Style
  • Verbal/analytic 
  • Spatial/Intuitive
Attitude
  • Positive 
  • Neutral
  • Negative
Motivation
  • High
  • Moderate 
  • Low

Dari uraian di atas kita dapat mengetahui tujuan akhir dari desain aplikasi adalah easy learning agar mudah digunakan oleh user.
User Knowledge and Experience
  • Data dan informasi yang terdapat pada aplikasi sangat sederhana, karena disesuaikan dengan pengetahuan dan pengalaman user.
  • Seperti aplikasi telepon genggam pada umumnya aplikasi ini tidak memerlukan typing skill yang baik, karena disesuaikan dengan keypad telepon genggam.

User Job and Task Characteristic 
  • Frequency of use - Low 
  • Task Importance - Low 
  • System Use

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar